5 Alasan Kenapa Milenial Harus Punya Personal Blog

Nggak bisa dipungkiri lagi, punya personal blog memang banyak banget manfaatnya. Sudah banyak milenial sukses yang mengawali karirnya dari menulis blog, seperti Raditya Dika dan Alitt Susanto. Kabar baiknya, untuk jadi blogger kamu nggak harus dari generasi milenial saja. Sebab blogger tidak memandang usia. Semua tergantung kualitas konten dan ketekunananmu.

Mengasah Skill Menulis

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian” (Pramoedya Ananta Toer)

Quote diatas menggarisbawahi betapa pentingnya menulis. Bisa dibilang percuma kalau kamu pintar, tapi nggak menuangkan idemu dalam sebuah tulisan. Karena nggak akan ada yang tahu tentang idemu kalau cuma kamu simpan sendiri. Siapa tahu, idemu bisa menjadi solusi dari masalah orang lain.

Bagi sebagian orang, mungkin menulis itu nggak gampang. Bagaimana memilih rangkaian kata yang pas agar orang lain bisa paham. Nah, dengan memiliki personal blog, kamu bisa mengasah skill menulismu. Semakin sering menulis, tulisanmu akan semakin luwes dan enak dibaca.

Personal Branding

Usahakan personal blog yang kamu bangun memiliki konten khas yang menarik, ya! Kalau nggak ada ciri khasnya, personal blogmu akan susah dikenali dari blog yang lain. Konten yang khas bisa kamu dapat dari hobimu, lho. Dengan menjadikan hobimu sebagai konten, orang-orang akan tahu keahlianmu, dan kepribadianmu, yang kemudian akan membentuk personal brandingmu.

Alitt Susanto misalnya, dia dikenal sebagai mahasiswa abadi yang humoris karena konten blognya yang menceritakan kisahnya menjadi mahasiswa Sanata Dharma yang tak kunjung wisuda. Dan tiap kontennya selalu dibumbui dengan guyonan-guyonan ala milenial.

Relasi Makin Luas

Selain jadi punya teman sesama blogger, atau bahkan teman dengan satu hobi yang sama, menjadi blogger juga bisa memperluas relasi pelangganmu, lho. Misalnya nih, kamu hobi travelling, selain bercerita tentang pengalaman travellingmu, kamu juga menjual produk-produk travelling seperti tas carrier atau menjual tiket pesawat murah.

Orang yang hobi travelling tentunya akan tertarik untuk melihat blogmu, yang tadinya cuma berniat membaca, karena mempercayai personal brandingmu sebagai traveler berpengalaman, orang tersebut jadi tertarik untuk membeli produkmu.

Meng-upgrade Diri Sendiri

Memiliki blog akan meng-upgrade diri sendiri. Kok bisa? Karena kebutuhan untuk menulis konten yang menarik, kamu perlu menjadi orang yang up to date dengan berita-berita yang lagi happening. Selain itu, kamu juga harus memastikan berita itu berasal dari sumber yang terpercaya. Dengan begitu, kamu akan dituntut untuk rajin membaca dan menganalisa.

Sikap disiplin dan berani berekspresi juga bisa kamu latih dari menekuni blogging. Pasti ada deadline yang harus kamu penuhi saat posting konten, nah ini bisa melatih kedisiplinan diri. Sedangkan berani bereskpresi bisa kamu latih dari apa yang ingin kamu tuangkan ke dalam tulisanmu. Jangan ragu dan takut untuk menulis selama kamu benar dan tidak melanggar hukum, ya!

Bisa Menghasilkan Uang

Dari blogging, kamu bisa menghasilkan uang melalui dua cara. Pertama, menjual produk yang sesuai hobimu. Seperti saat kamu punya hobi travelling tadi. Kedua, dari google adsense. Jika traffic blogmu sudah ramai serta memenuhi syarat dan ketentuan, kamu bisa segera mendaftar google adsense!

Itu tadi 5 alasan kenapa kamu harus punya blog. Yang terpenting, kamu harus tekun dan sabar memelihara blogmu, ya. Karena usaha nggak akan mengkhianati hasil dan nggak ada yang instan selain mie.

Oleh : Shofiya Yusri Salma | Content Creator TRENKOTA.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.