Apa Itu Magang? Penting kah?

Siapa disini yang sudah pernah magang? Atau sedang mencari info tentang magang? Atau bahkan menyesal karena dulu belum pernah magang? Magang adalah tahap yang krusial sebelum kamu terjun ke dunia kerja. Orang-orang yang magang ini biasanya adalah mahasiswa semester akhir atau siswa senior SMK.

Dengan magang, kamu bisa lebih siap untuk masuk ke dunia professional yang sesungguhnya. Apa aja sih manfaat yang bisa kamu dapat ketika magang? Simak ulasan berikut, ya.

Menambah Pengalaman

Ada pepatah yang mengatakan, guru terbaik adalah pengalaman. Yap, memang tidak ada yang bisa mengajari kamu sebaik pengalaman. Bahkan sebuah penelitian mengatakan bahwa memori terbentuk dari 30% pendengaran, 40% penglihatan, dan 60% perbuatan.

Di bangku sekolah atau kuliah, guru dan dosen hanya mengajarkan tentang teori dan rumus-rumus. Nah, dengan magang, kamu bisa mempraktekkan secara langsung teori dan rumus yang sudah kamu pelajari. Selain itu, dengan pengalaman yang kamu dapat ketika magang, kamu akan terbiasa dengan ritme yang ada di dunia kerja nantinya.

Melengkapi Curriculum Vitae

Curriculum Vitae atau CV ini sangat penting lho buat kamu mendaftar kerja. Kamu perlu mempersiapkan CV dengan matang, baik konten maupun desainnya. Karena HRD, hanya butuh waktu 10 detik, untuk melihat CV mu layak untuk direview lebih lanjut atau tidak.

Dengan mengikuti magang, kamu akan dapat membuat CV mu lebih lengkap dan berbobot. Sebab banyak perusahaan yang mengutamakan pelamar yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya di bidang yang sama.

Memperluas Relasi

Di dunia permagangan, kamu akan berjumpa orang-orang professional di berbagai bidang, lho. Selain berkenalan, kamu juga bisa belajar dari mereka. Belajar desain dari teman designer, belajar karakteristik konsumen dari teman marketing. Macem-macem, deh!

Relasi ini sangat penting. Dengan relasi kamu bisa merekomendasikan seseorang, dan dan dengan relasi, kamu juga bisa direkomendasikan oleh seseorang. Bersikap baiklah kepada semua orang, selain mendapat pahala, hal itu juga bisa menguntungkan kamu di masa mendatang. Bisa jadi orang yang kamu tolong sekarang, akan menolong kamu di kemudian hari saat kamu perlu bantuan.

Belajar Disiplin dan Bertanggung Jawab

Ketika kamu menyelesaikan tugas di luar batas deadline, kamu akan merugikan banyak pihak, termasuk kamu sendiri. Bisa jadi kamu dapat atasan yang toleransinya rendah, sehingga kesalahan sedikit saja bisa mengurangi gajimu atau memperburuk penilaian magangmu. Proyek pegawai lain juga bisa saja terkena dampak karena kecerobohanmu, lho. Layaknya efek domino.

Berbeda dengan di sekolah atau di kampus, ketika telat mengumpulkan tugas, kamu bisa meminta maaf pada dosen atau guru, kemudian meminta tugas pengganti. Atau paling nilaimu akan dikurangi, dan bisa kamu perbaiki di tugas selanjutnya. Itulah mengapa kedisiplinan dan rasa tanggung jawab sangat diperlukan saat magang.

Sebagai Batu Loncatan ke Dunia Kerja

Magang itu bukan main-main, ya. Meskipun kamu bukan pegawai tetap, kamu tetap harus serius dan maksimal melakukan tugasmu sebagai seorang magang. Tak jarang, pegawai magang yang kinerjanya memuaskan akan diangkat menjadi pegawai tetap, lho. Nggak perlu tes dan daftar lagi, karena para atasan sudah tahu kualitas dan performamu.

Jadi sudah tahu kan manfaat magang ? daripada #dirumahaja mager, mendingan cari tahu perusahaan mana saja yang membuka lowongan untuk magang. Trenkota.com saat ini lagi butuh lho tenaga magang. Kamu tinggal follow akun media sosial Trenkota.com dan kirim informasi tentang pendidikan dan pengalamanmu. Simpel kan ? Selamat hunting magang-ers!

Oleh : Shofiya Yusri Salma | Content Creator TRENKOTA.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.