Tag: Online shop

Mau Dulang Uang dari Media Sosial? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Tak dipungkiri banyak orang yang ingin menghasilkan pundi-pundi rupiah secara online di era modern seperti sekarang ini. Kalau kamu juga tertarik, kamu harus tahu bahwa menghasilkan uang secara online bukanlah omong kosong sama sekali. Ada berbagai cara yang bisa kamu gunakan untuk mempertebal kantongmu lewat internet, dan salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial. Berikut trik-trik yang bisa kamu coba.

Jadi Traveller

Apakah kamu suka jalan-jalan menikmati keindahan tempat-tempat wisata? Kenapa tidak mencoba memanfaatkan hobimu ini untuk menghasilkan uang? Caranya mudah. Hampir semua orang suka jalan-jalan dan ingin melihat tempat-tempat baru di luar sana. Kamu hanya perlu mengambil keuntungan dari hal ini.

Unggah video dan foto perjalanan kamu ke media sosial seperti YouTube dan Instagram. Pastikan bahwa postingan-mu menarik dan informatif sehingga banyak orang merasakan ketertarikan dan kebutuhan untuk melihat setiap postingan yang kamu unggah. Dengan menjaring banyak viewer dan subscriber, kamu bisa menghasilkan uang lewat iklan di akun YouTube-mu dan lewat endorsement di Instagram. Menarik, bukan?

Jadi Food Vlogger

Selain tempat wisata, makanan juga menjadi salah satu hal yang selalu ingin dieksplor oleh kebanyakan orang. Hampir semua orang ingin mencicipi makanan baru dan tentu mereka ingin tau makanan enak apa saja yang belum pernah mereka coba di luar sana. Nah, ini bisa menjadi peluang meraup untung buatmu kalau kamu suka melakukan wisata kuliner.

Cobalah untuk merekam setiap sesi wisata kulinermu dan menguploadnya ke Instagram, YouTube dan Blog pribadimu. Pastikan videomu jernih dan menarik. Jangan lupa untuk memberikan ulasan yang maneira tentang makanan yang kamu santap sehingga orang-orang tergugah untuk menyantap mereka. Ini peluang bisnis yang bisa memberikan keuntungan lewat banyaknya jumlah viewer dan iklan maupun lewat kerjasama dengan pemilik usaha kuliner.

Jadi Pebisnis Online “Tanpa Produk”

Bahkan tanpa memiliki produk sekalipun, kamu bisa menghasilkan uang lewat internet. Caranya adalah dengan menjadi perantara supplier dan pembeli. Kamu tinggal menyediakan platform bagi pembeli untuk memesan produk misal lewat akun Instagrammu. Nah, selanjutnya kamu tinggal memosting foto produk yang ditawarkan oleh supplier. Setelah mendapatkan pemesan, kamu tinggal memforward pemesanan dan pihak supplier akan mengurus proses pengiriman barang ke konsumen. Menjadi perantara seperti ini sangatlah menguntungkan karena kamu hanya perlu akun Instagram gratis dan tidak harus menyiapkan produk atau membelinya terlebih dahulu dari supplier.

Salah satu trik untuk meraih sukses dalam bisnis semacam ini adalah sering-sering memosting foto atau video yang terkait dengan produk yang dijual oleh supplier. Tujuannya adalah supaya postingan-postinganmu sering muncul di timeline para follower. Sementara itu, dari segi teknis, postingan kamu tentunya harus menarik serta bermanfaat. Salah satu tipe postingan yang bisa menjaring banyak viewer adalah video tutorial produk.

Jadi “Media Partner”

Yang harus kamu lakukan hanyalah menjadi wadah untuk menggalang dana (crowdfunding) untuk sebuah acara yang akan dilaksanakan. Galang dana mungkin kedengarannya sulit, tapi sebetulnya tidak ribet kok. Kamu cuma perlu posting kegiatan sebelumnya, dan jelaskan inti kegiatan tersebut, bergerak di bidang apa, sehingga orang tertarik.

Nantinya, kalau ada perusahaan atau instansi yang ingin acaranya dipromosikan agar dananya terkumpul, bisa kamu kenakan tarif.

Jadi Selebgram

Nah, ini nih cita-cita kebanyakan milenial sekarang. Memang jadi selebgram enak, sudah terkenal, dapat banyak endorse, dibayar lagi. Masalahnya, tidak semudah itu untuk bisa terkenal di Instagram.

Kalau kamu tertarik jadi selebgram, setidaknya kamu harus tahu tren-tren terkini, apa yang sedang ramai dibicarakan di berbagai media sosial. Kemudian, kamu juga harus posting konten yang menarik. Setidaknya kuasai teknik fotografi dasar agar feed-mu selalu rapi. Konten yang di-post juga harus original dan unik. Jangan lupa sertakan tagar dalam setiap postingan agar menarik banyak viewer.

Butuh waktu lama sih untuk bisa jadi selebgram yang sukses, yang benar-benar mengumpulkan followers dari 0, tapi semuanya followers asli. Tapi kalau sudah berhasil, penghasilanmu bahkan bisa lebih besar dari pegawai pada umumnya.

Ga Perlu Boros, Ini 7 Tips Berhemat Praktis Saat Belanja Menjelang Lebaran

Apa sih yang biasanya identik dengan Lebaran? Selain silaturahmi dan ketupat, pakaian baru juga jadi khas Lebaran di Indonesia. Ini lah penyebab utama kenapa para milenial mendadak “miskin” setelah Idul Fitri berlalu. Ga heran, soalnya uangnya semua habis buat belanja gila-gilaan menjelang Lebaran.

Kamu ga perlu seperti itu lho. Boleh-boleh saja tergiur berbagai kue, hampers, dan baju-baju Raya Collection yang kini sudah mulai dipamerkan. Tapi jangan asal belanja. Begini lho caranya biar keuanganmu tetap aman terkendali saat belanja menjelang Lebaran.

Buat Daftar dan Prioritas

Pikirkan matang-matang apa saja yang benar-benar pengen kamu beli di momen Lebaran ini. Boleh lah satu dua potong baju baru kalau memang memungkinan. Tapi jangan cuma karena ikut-ikut tren, kamu jadi beli model baju yang lagi hype. Tulis mana saja yang pengen banget kamu beli. Batasi daftarnya sampai kira-kira 10 poin saja.

Belanja di Awal

Belanjalah jauh sebelum detik-detik menjelang Lebaran. Tujuannya biar kamu nggak terjebak kenaikan harga. Kalau kamu belanja mendekati lebaran, sudah pasti harga barang-barang akan melonjak drastis. Dan itu bukan cuma baju saja, sembako juga!

Pisahkan Anggaran Belanja Dengan Anggaran Lain

Ini supaya kamu ga boros. Dengan memisahkan anggaran, nggak peduli apa pun yang kamu beli, semuanya masih akan masuk budget, dan uang untuk kebutuhan-kebutuhan yang lain juga bakal aman tak terganggu. Jangan pernah sekali-kali ambil uang dari anggaran lain meski cuma sedikit ya. Belajarlah disiplin pada diri sendiri.

Manfaatkan Sebagian THR

Salah satu tips paling jitu yang bisa kamu terapin yaitu memanfaatkan THR yang kamu dapet pas lebaran. THR adalah uang ‘cuma-cuma’ yang berarti kamu bisa menghabiskannya dengan mental ‘nothing to lose’ karena pada dasarnya THR adalah bonus yang diberikan buat kamu karena kamu merayakan hari raya bukan karena kamu bekerja. So, everything’s sweet! Tapi ingat, jangan kebablasan. Kamu cuma boleh menghabiskan sebagian THR. Kenapa? Karena siapa tau ada sesuatu yang butuh uang darurat selama kamu liburan di kampung. Selalu sisakan uang buat jaga-jaga.

Riset Harga di Internet Terlebih Dahulu

Sebelum kamu belanja, sebaiknya kamu riset dulu harga barang-barang yang mau kamu beli di internet. Tujuannya adalah biar kamu ga ditipu waktu belanja, karena kamu udah tahu harga standar untuk tiap barang. Syukur jika kamu malah menemukan barang yang sama dengan harga super murah di olshop atau e-commerce, sehingga kamu bisa irit uang lebih banyak.

Manfaatin Diskon Lebaran

Memang waktu lebaran harga sebagian barang bakal naik, tapi akan ada banyak diskon juga. Yah, terlepas dari fakta kalau diskon lebaran biasanya harganya sudah dinaikkan terlebih dulu, tak ada salahnya sih menggunakan kesempatan diskon. Seperti yang tadi sudah dijelaskan, riset dulu harga di internet, jadi kamu bisa tahu harga yang didiskon benar-benar murah atau sudah di-mark up lebih dulu. Karena ada juga kok sebetulnya diskon yang harganya benar-benar miring untuk ngabisin stok barang di gudang.

Sesuaikan Pengeluaran Dengan Pemasukan

Pepatah ‘besar pasak daripada tiang’ seharusnya tidak berlaku bagi kaum milenial yang dikenal lebih “melek” soal finansial ketimbang generasi sebelumnya. Wajar, karena sekarang ilmu soal manajemen keuangan sering dibagikan di banyak akun medsos. Terapkan salah satu ilmu dasar dalam mengelola keuangan yang sehat saat belanja lebaran: hindari hutang. Jangan sampai kamu berhutang cuma biar bisa gaya di hari raya Idul Fitri. Selalu sesuaikan pengeluaran dengan pemasukan.

Dengan mengikuti 7 tips di atas, kamu bisa menyelamatkan dompetmu dan bertahan sampai akhir bulan setelah Lebaran usai.